DI BALIK ARTI LAMBANG PADA KARTU REMI

Posted on

DI BALIK ARTI LAMBANG PADA KARTU REMI. Siapa yang tidak mengerti kartu remi. Sebuat alat yang dimanfaatkan dalam permainan taruhan yang udah dulu kala di mainkan semua kelompok sampai saat ini. Permainan kartu yang cukup membahagiakan. Namun tahukah anda kalau dibalik kartu yang kita mainkan punya asrar sampai terwujudnya kartu remi ini. Lewat kata lain, bikin kartu remi ini tidak sebarang di jadikan.

Kartu remi terdiri dalam 4 model : sekop (spade), hati (heart), wajik (diamond), serta keriting Tim. Tiap-tiap model diawali dari angka 1-10, Lalu Jack, Queen serta King. Semua sejumlah 13, karenanya totalnya ada 52 kartu. Ditambah kartu joker berubah menjadi 53 buah kartu. Jumlah kartu dan gambar Jack, Queen, serta King miliki makna khusus. Apa mempunyai arti, serta mengapa demikian? Buat menjawabnya, kita mesti saksikan moment permainan kartu atau yang disebut playing card. Permainan kartu dikira kuat berasal dari China. Sepanjang era Dinasty Tang ( 618-907 M ) permainan ini mulai berubah. Sesudah itu waktu pemerintahan Dinasty Ming, kartu yang punya gambar sosok manusia mulai di gunakan. Tidak sekedar berubah menjadi leluhur kartu remi, pun permainan kartu lainnya sejenis domino serta mahjong.

Permainan kartu lalu menyebar keseluruh Asia, juga termasuk di adopsi oleh pemerintahan Islam, Mamluk di Mesir di zaman ke 14. Waktu itu Mamluk yang mulai memanfaatkan kartu jumlah 52. 10 kartu di jadi wakil dengan angka 1 – 10, lalu King atau malik, sesudah itu na’ib malik atau Deputy King, serta thani na’ib (satu tingkat di bawah Deputy)

Lantaran kerajaan Islam sudah pernah menaklukan Eropa, karenanya permainan kartu lantas turut menyebar. Perancis yang pertama membagi kartu berubah menjadi sekop(spade), hati (heart), wajik (diamond), serta keriting (tim).

Malik, na’ib malik, serta thani na’ib diadaptasi jadi King, Queen, serta Jack. Maknanya lantas turut berpindah sesuai sama keyakinan bangsa-bangsa kulit putih.

King sekop (spade) : Raja David (Daud).
King hati : Charlemagne.
King wajik : Julius Caesar
King keriting : Iskandar Agung

Queen sekop : Pallas
Queen hati : Judith
Queen wajik : Rachel
Queen keriting : Argine

Jack sekop : Holger Danske (ksatria Charlemagne)
Jack hati : La Hire (partisan Joan of Arc)
Jack wajik : Hector
Jack keriting : Lancelot

Banyak memang mendeskripsikan beberapa tokoh di Perancis serta Inggris, juga sekaligus Holly Bible. Karenanya juga ada sejumlah orang yang merepresantasikan jadi ikon kekristenan yang diambil dari sejarah yang tersebut di Holly Bible. Seperti perumpamaannya King melambatgkan God (Tuhan), lalu angka 6 melambatgkan enam hari penciptaan, angka 7 melambatgkan Sabbath, dan sebagainya.

Yang menarik, jumlah kartu 52 ada mempunyai arti ialah : 52 (5+2) = 7 hari dalam 1 minggu. Lalu 4 model kartu menggambarkan Musim, yaitu Sekop (spade) jadi wakil musim dingin. Hati (Heart) jadi wakil musim tiada. Wajik (Diamond) jadi wakil musim semi, serta keriting (Tim) jadi wakil musim panas.

Dalam sebuah model ada 13 kartu. Ini maknanya yaitu jumlah minggu dalam sebuah musim. Warna merah bermakna siang, serta hitam bermakna malam.

Saat ini, jumlahkan semua angka dari tiap-tiap model. Contoh : Sekop = 1 (As) + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + 7 + 8 + 9 + 10 + 11 (Jack) + 12 (Queen) + 13 (King) hasilnya 91. Lalu 91 x 4 (sesuai sama empat model kartu) karenanya hasil akhir yaitu: 364. Ditambah Jocker berubah menjadi 365. Berikut ini jumlah hari dalam 1 tahun. Kekhasan yang lain, jumlahkan huruf dari beberapa nama kartu dalam empat bahasa ini.

– Bahasa Inggris:
Ace,two,three,four,five,six,seven,eight,nine,ten,Jack,Queen,King.
– Bahasa Belanda:
Aas,twee,drie,vier,vijf,zes,seven,acht,negen,tien,Boer,Vrouw,Heer.
– Bahasa Jerman:
As,zwei,drei,fünf,sechs,sieben,acht,neun,zehn,Bube,Dame,König.
– Bahasa Perancis:
As,deux,trois,quatre,cing,six,sept,huit,neuf,dix Valet,Reine,Roi.

Hasilnya semua yaitu 52. Serta, itu bermakna jumlah minggu dalam 1 tahun.

Namun, ada asrar-misteri terkait kartu yang belum terjawab hingga saat ini, perumpamaannya :

King Hati cuma satu King yang tak miliki kumis.
King Hati pun arahkan pedangnya menuju kepalanya sendiri, oleh sebab itu King Hati senantiasa disebut “The Suicide King”.
King wajik (Diamond) cuman keliatan satu sisi muka.
Queen sekop (Spade) saksikan menuju kanan, sesaat Queen lainnya saksikan menuju kiri.
Queen sekop (Spade) cuma satu Queen yang menggenggam tongkat serta bunga, sesaat Queen lainnya cuma menggenggam bunga saja.

Banyak orang-orang yang mainkan kartu remi tiada mengenali makna ikon itu. Serta terdapat banyak asrar yang berkaitan dalam Dibalik Ikon Kartu Remi yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *